Minggu, 29 November 2020

Cara bikin sale pisang

simak ampe selesai yahh cara pembuatan keripik sale biar hasilnya memuaskan.....




  1. Bahan 1.500 g pisang uli/tanduk matang, 100 g tepung beras, 75 – 100 g tepung terigu, 25 g tepung kanji, 1½ sdt air kapur sirih, 275 ml air, 1 sdm gula pasir, ½ sdt garam, Minyak untuk menggoreng
  2. Cara masak: Kupas pisang, iris tipis memanjang setebal ± 2 mm atau iris menggunakan slicer/mandoline, susun di atas nampan/tampah. Jemur di bawah sinar matahari hingga bagian luarnya mengering (± 5 jam bila matahari terik), balik-balik hingga kedua sisinya kering. Campur tepung beras, tepung terigu, tepung kanji, air kapur sirih, air, gula, dan garam, aduk hingga menjadi adonan yang licin. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan di atas api sedang. Celupkan irisan pisang satu per satu ke dalam adonan tepung. Segera masukkan ke dalam minyak panas, goreng hingga kecokelatan dan renyah, usahakan agar tidak saling melekat, angkat, tiriskan. Biarkan hingga dingin, lalu simpan dalam wadah tertutup rapat atau masukkan ke dalam kemasan plastik.
  3. TipPilih pisang yang matang segar/matang pohon (bukan hasil peraman) dan tidak terlalu lembek, karena akan sulit untuk mengirisnya. Aduk-aduk adonan setiap kali akan mencelup pisang agar tepung tidak mengendap di dasar mangkuk.(keripik sale)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar