Rabu, 02 Desember 2020

KERIPIK JENGKOL

Cara dan Resep Keripik Jengkol yang Enak dan Renyah



Jengkol atau jering (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringaPithecellobium jiringa, dan P. lobatum) adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bijinya digemari di Malaysia (disebut "jering"), Myanmar (disebut "da nyin thee'"), dan Thailand (disebut "luk-nieng" atau "luk neang").[1] Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna cokelat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.



1 Siapka Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan

  • 10 buah jengkol 
  • air secukupnya
  • 5 buah cabai rawit
  • 4 buah cabai merah besar
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 sendok makan gula
  • garam secukupnya

2. Rebus jengkol sampai matang

Cuci jengkol sampai bersih, lalu kupas. Siapkan panci yang telah diisi air, panaskan. Masukkan jengkol ke dalamnya, lalu masak sampai empuk. Angkat dan tiriskan dari panci. Iris jengkol tipis, goreng sampai kering dan sisihkan.

3. Tumis bumbu halus sampai harum

Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender, haluskan. Siapkan wajan yang telah diberi sedikit minyak, panaskan. Tumis bumbu halus sampai mengeluarkan minyak, lalu tuang sedikit air. 

4. Campurkan jengkol dan bumbu halus

Tambahkan gula dan garam ke dalam bumbu halus sampai mengental. Masukkan jengkol yang telah digoreng kering ke dalamnya. Aduk semua bahan sampai merata. Cicipi dahulu rasanya, barulah angkat dan sajikan.

    Nah, itulah cara membuat dan resep keripik jengkol yang gampang banget. Cocok buat kamu yang suka camilan gurih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar